Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Rasulullah Menikahkan Pencuri dengan Wanita Cantik - Haram Jadi Halal

Kisah pencuri gokil yang dinikahkan Rasulullah dengan wanita cantik. Dahulu, dimasa Rasulullah SAW ada seorang pemuda pencuri yang ingin sekali bertaubat kepada Allah SWT. Ia kemudian datang ke masjid Nabawi untuk mengikuji pengajian Nabi Muhammad SAW. Dimajelis itu, Rasul bersabda “Barangsiapa meninggalkan sesuatu yang haram karena Allah, maka suatu ketika dia akan memperoleh yang haram itu dalam keadaan halal ”. Mendengar ceramah Nabi, pemuda itu  tidak  begitu faham akan kata-kata nabi itu.

Ketika selesai menghadiri majelis Nabi, Perut pemuda pencuri merasa lapar, ia lalu keluar dari masjid demi mengatasi rasa laparnya.  Malam terlihat semakin larut, pemuda itu berjalan menyusuri sebuah gang, dan tiba-tiba ia melihat ada sebuah rumah yang pintunya sedikit tebuka dan tidak dikunci. Kemudian munculah rasa ingin mencuri atau tidak.

Ia lalu sadar tak boleh mencuri lagi karena sudah taubat. Tapi tiba-tiba terdengar bisikan suara “ Kalau kamu ndak maling mungkin akan ada maling lainya yang belum pasti sepertimu” Otak pemuda itu kembali berputar dan akhirnya memilih ingin memberitahu penghuni rumah agar mengancing rumahnya karena sudah larut malam.

Ketika sang pemuda pencuri mau mengucapkan salam, tiba-tiba muncul kembali suara aneh “ Wahai pemuda! Bagaimana jika kenyataanya didalam ada pencuri dan pintu itu dibuka oleh pencuri itu, Jika kamu memberi salam, maka tentu dia akan kaget dan menyembunyikan diri, lebih baiknya jika kamu masuk secara diam-diam dan memergoki dia dengan menangkapnya”.

Kemudian pemuda pencuri itu  masuk kedalam rumah yang luas itu tanpa bersuara.  Saat didalam  rumah ia melihat ada banyak makanan diatas meja, lalu munculah keinginan untuk mencuri makanan itu, Tetapi ia tetap bersisih kokoh tak boleh maling lagi.

Didalam rumah ternyata tidak ada pencuri lain, berarti benar rumah tidak terkunci karena pemiliknya lalai. Nah saat itu barulah sang pemuda mengingatkan pemilik rumah atas kelalaiannya . Eh tapi tiba-tiba terdengar ada suara halus berdengkur di sebuah tempat tidur. Sang pemuda lalu  berjalal mendekati ranjang tidur itu, dan tidak disangka dilihatnya ada seorang wanita cantik yang sedang tertidur.

Kondisi wanita itu hanya mengenakan pakaian tidur yang tidak begitu menutupi seluruh bagian tubuhnya. Kemudian timbulah pikiran kotor dalam diri sang pemuda, jantungnya berdetak kencang,  Seketika ia menahan “ Nggak, aku nggak boleh melakukan hal ini, aku ingin bertaubat dan nggak mau lagi menumpuk dosa  yang sudah ada, Tidak!. Pemuda itu lalu memutuskan untuk pergi keluar lalu memngucapkan salam dari luar.

Tiba-tiba ada  suara aneh muncul membujuk untuk mencuri makanan lagi, tapi pemuda itu bersih kukuh tak mau melakukannya lagi karena tak mungkin tuhan menyuruh maling, itu pasti suara bisikan setan. Dalam hatinya berkata “Celakalah diriku kalau ada seseorang diluar melihat kelakuaanku, aku harus segera keluar” pemuda itu lalu bergegas keluar dari rumah wanita cantik.

Dari luar rumah si wanita, pemuda itu lalu mengetuk pintu dengan cukup keras dan mengucapkan salam “Assalamu’alaikum” suara salam terdengar serak-serak menakutkan. Pemuda itu juga khawatir dengan suaranya yang aneh itu. Tanpa basa-basi ntah wanita pemilik rumah dengar salam atau tidak, Pemuda lalu bergegas pergi kembali ke Masjid Nabawi dengan hati yang lega, akhirnya tak ada orang lain yang memergoki dirinya saat melakukan perbuatan yang diperintah suara ghaib tadi.

Sesampainya dimasjid Nabawi, Pemuda Pencuri itu melihat Nabi Muhammad tengah melaksanakan sholat. Terliha juga ada seseorang yang tengah membaca alqur’an sembari menangis, dan disisi lain terlihat pula para sahabat dan kaum shuffah tengah terlelap tidur.

Perut Pemuda pencuri itu masih terasa lapar, tapi Alhamdulillah tadi Allah Selamatkan dia dari perbuatan dosa. Ia lalu duduk dekat pintu berdekatan dengan orang yang tengah baca alqur’an tadi.  Ia lalu melamun sembari mendengar lantunan ayat-ayat suci alqur’an yang tengah di baca yaitu  QS. Ibrahim ayat 21-22.

وَبَرَزُوا لِلَّهِ جَمِيعًا فَقَالَ الضُّعَفَاءُ لِلَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا إِنَّا كُنَّا لَكُمْ تَبَعًا فَهَلْ أَنْتُمْ مُغْنُونَ عَنَّا مِنْ عَذَابِ اللَّهِ مِنْ شَيْءٍ ۚ قَالُوا لَوْ هَدَانَا اللَّهُ لَهَدَيْنَاكُمْ ۖ سَوَاءٌ عَلَيْنَا أَجَزِعْنَا أَمْ صَبَرْنَا مَا لَنَا مِنْ مَحِيصٍ

وَقَالَ الشَّيْطَانُ لَمَّا قُضِيَ الْأَمْرُ إِنَّ اللَّهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ ۖ وَمَا كَانَ لِيَ عَلَيْكُمْ مِنْ سُلْطَانٍ إِلَّا أَنْ دَعَوْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِي ۖ فَلَا تَلُومُونِي وَلُومُوا أَنْفُسَكُمْ ۖ مَا أَنَا بِمُصْرِخِكُمْ وَمَا أَنْتُمْ بِمُصْرِخِيَّ ۖ إِنِّي كَفَرْتُ بِمَا أَشْرَكْتُمُونِ مِنْ قَبْلُ ۗ إِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Mendengar Ayat-ayat suci itu, Tersentaklah hati pemuda pencuri itu. Hatinya bergetar seakan-akan Allah tengah berbicara kepadanya “Engkau bebicara kepadaku Ya Allah..?” kata di pemuda. Hati pemuda itu bertambah bugar, tenang, dan tersentuh, ia semakin menikmati lantunan ayat suci alqur’an sampai-sampai ia lupa akan rasa laparnya.

Sangking nikmat mendengar bacaan alqur’an, tiba-tiba bacaan itu terhenti karena terdengar suara salam dan menjawabnya. terlihat ada seorang wanita dan pria tua yang datang menemui Rasulullah. Ternyata wajah wanita itu adalah wanita yang tadi tertidur disebuah rumah. Hati pemuda pencuri itu lalu gelisah, ia khawatir kalau wanita tadi hanya pura-pura tidur dan mengetahui wajahnya.

Tubuh pemuda bertambah gemetar, apakah ia pria tua itu telah memergoki dirinya saat masuk kerumah siwanita. Pemuda itu gemetar bagai patung, disisi lain orang yang tadi baca alqur’an sudah mau tidur dan mendengkur. Celaka Pikiran dan hati pemuda pencuri kacau balau saat terlihat wanita dan pria tua bercakap dengan Nabi Muhammad SAW.

Tidak terduka, tiba-tiba Nabi memanggil pemuda itu untuk mendekat, persaan takut dan yang aneh-aneh tambah bermunculan. Sembari mendekat, terdengar pula percakapan si wanita kepada Nabi “Benar ya Rasulullah, diriku sangat takut waktu itu. aku mimpi bahwa rumahku dimasuki seorang pencuri. Ia lalu mendekati dan hendak memperkosaku. Saat aku memberontak, ternyata peristiwa itu hanya mimpi.

Tapi saat aku lihat sekitarku, ternyata pintu rumahku terbuka sama persis dengan mimpiku, dan adapula suara mengerikan yang membuatku takut.  Maka bersegeralah aku pergi kerumah pamanku untuk minta dicarikan suami untukku, supaya peristiwa yang dimimpiku tidak terjadi kalau ada suami yang melindungiku. Hingga akhirnya beliau paman saya mengajak saya untuk bertemu engkau disini agar memilihkan seorang calon suami untukku”.

Tiba-tiba nabi berkata kepada pemuda mantan pencuri “Nah karena sekarang nggak ada laki-laki yang bangun kecuali kamu , maka aku menawarkan kpadamu, maukah dirimu menjadi suaminya..?” Sontak terkejutlah Pemuda itu atas tawaran Nabi, betapa bahagianya ia dapet istri wanita cantik itu. dengan senang hati ia lalu menganggukkan kepala isarat setuju.

Kemudian setelah sholat subuh, Barulah Nabi Muhammad meminta kepada para sahabat untuk menggalang dana donasi untuk mas kawin dan acara pernikahan pemuda mantan pencuri itu. Subhanallah, itulah sebuah keberkahan bagi diri sipemuda mantan pencuri karena berani meninggalkan sesuatu yang haram semata-mata karena Allah SWT. Benar apa sabda nabi, kalau mau meninggalkan yang haram-haram, maka pasti nanti akan dapet yang tadinya haram jadi halal. Subhanallah, semoga kisah ini bermanfaat, Wallahu A’lamu bishowab.

Baca Juga: Kisah Ma'iz Bin Malik Sosok Pria Pezina Yang Masuk Surga

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Rasulullah Menikahkan Pencuri dengan Wanita Cantik - Haram Jadi Halal"