Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah 10 Amalan Ringan Namun Berpahala Besar

www.hidayahilahi.com

Hidayahilahi.com- Umat Islam yang diridhoi Allah SWT, di antara yang diajarkan Rasulullah SAW kepada kita adalah dengan rutin mengamalkan amal saleh meskipun amalannya sedikit dan ringan, atau bahkan dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Namun ternyata tanpa kita duga, ternyata amalan itu mengandung pahala yang besar. Ini adalah keistimewaan dalam agama kita, sedikit amalan, bahkan diberikan pahala yang besar.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, : “Perumpamaan kamu dengan Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani) adalah seperti perumpamaan seseorang yang diberi gaji. Dia ditanya, “Siapa yang mau bekerja dari pagi hingga sore ( waktu Zawal atau Zhuhur). Lalu mendapatkan pahala qirath?” Kemudian yang bekerja pada waktu itu adalah orang-orang Yahudi. Kemudian mereka ditanya lagi, “Siapa yang mau bekerja dari tengah hari hingga waktu Ashar dengan upah sebesar satu qirath?” Kemudian yang bekerja adalah Nashrani. 

Kemudian dia ditanya lagi, “Siapa yang mau bekerja dari 'Ashar sampai matahari terbenam, upahnya dua qirath?” Itu adalah kamu Muslim. Yahudi dan Nasrani marah berkata, "Kami bekerja lebih banyak, tetapi mengapa kami diberi lebih sedikit?" Dijawab, "Apakah upahmu dikurangi?" Mereka menjawab, "Tidak." Kemudian dia menjawab, “Itulah keutamaanku dan keutamaan itu diberikan kepada siapa saja yang dikehendaki Allah.” (HR Bukhari)

Di bawah ini akan kami sebutkan 10 amalan yang ringan untuk dilakukan namun sangat bermanfaat, di antaranya adalah :

 Dzikir 

Berdzikir, “Subhanallah wa bihamdihi, Subhanallahil 'azhim". Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, : “Dua kalimat yang ringan dilisan, namun berat bobotnya, dan disukai oleh Ar Rahman, yaitu “Subhanallah wa bihamdih, subhanallahil 'azhim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya.” Maha Suci Allah Yang Maha Agung). (HR Bukhari dan Muslim)

Mengikuti muadzin dalam adzan 

Dari Abdullah bin Amr bin Ash meriwayatkan bahwa ia pernah mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda,: “Jika kamu mendengar seorang muadzdzin maka katakanlah sebagaimana dia berkata, maka bersholawatlah kamu kepadaku, karena sesungguhnya barang siapa yang bersholawat kepadaku satu kali nikmat, maka Allah akan bersholawat di atasnya sepuluh kali, maka mintalah kepada Allah untukku Al Wasilah, karena memang dia adalah kedudukan di dalam, tidak layak mendapatkannya kecuali seorang hamba dari hamba-hamba Allah dan aku berharap akulah (yang mendapatkannya) ), maka barang siapa memohon kepadaku Al Wasilah, maka halal bagiannya syafaat “(HR Muslim)

Wudhu dengan sempurna dan membaca doa

Dari Umar bin Khatthab Nabi bersabda, : “Barang siapa yang berwudhu dengan sempurna, kemudian selesai berwudhu ia membaca doa: "Asyhadu allâ ilâha illallâh wa anna muhammadan abduhu wa rasûluh, (saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya), maka akan dibukakan baginya delapan pintu surga, dan dia dapat masuk dari pintu mana saja yang dia suka. ” (HR Muslim)

Baca Juga : Inilah Beberapa Amalan Sunnah Untuk Memperingati Maulid Nabi

Membaca ayat-ayat Kursi setiap selesai sholat dan saat akan tidur

Abu Umamah al-Bahily  berkata,” Rasulullah `bersabda,: “Barang siapa yang membaca ayat kursi setelah setiap sholat wajib, pasti tidak ada yang menghalanginya untuk masuk melainkan kematian” (HR an-Nasâi dan shahih oleh al-Albani dalam kitab Shahih al-Jami')

Membaca Al-Qur'an

Dari Abdullah bin Mas'ud  Nabi `bersabda, : "Barang siapa membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka dia mendapat pahala kebaikan. Dan setiap pahala dikalikan 10 kali lipat .... " (HR. at-Tirmidzi, ath -Thabrani dan dishahih oleh al-Albani)

Sholawat atas Nabi Muhammad SAW

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata: "Rasulullah bersabda : "Barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu sholawat, maka niscaya Allah bersholawat padanya sepuluh sholawat, dihapus darinya sepuluh dosa dan diangkat untuknya sepuluh tingkatan. “(Diriwayatkan oleh an-Nasâi dan disahkan oleh al-Albani dalam Sahih al-Jami',)

Mengajak orang lain untuk berbuat baik

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa mengajak kepada kebaikan maka dia mendapat pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barang siapa mengajak orang lain kepada kesesatan dan kemaksiatan, maka dia akan menerima dosa seperti dosa orang-orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.” (HR. Muslim)

Beristighfar 

Dari Ubadah bin Syamith berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda,: “Barangsiapa yang memohon ampunan bagi orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan, maka sesungguhnya Allah telah menuliskan untuknya setiap laki-laki dan perempuan yang beriman adalah suatu kebaikan.” (HR Ath-Tahbarani dan disyahkan oleh al-Albani dalam kitab Shahih al-Jami). 

Menjawab adzan dan membaca doa setelah adzan

Dari Jabir bin Abdillah,  Rasulullah `bersabda, : "Barangsiapa mendengarkan adzan kemudian dia membaca do'a : "Allâhumma rabba hadzihid da'watittammah washshalatil qa'imah, âti muham madanil wasilata wal fadhilah wab'ats-hu maqamam mahmudanilladzi wa'adtahu (Ya Allah, Tuhan, pemilik panggilan yang sempurna dan sholat wajib yang ditegakkan, berikanlah Muhammad wasilah dan fadhilah. Angkat beliau ke tempat terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya) maka dia berhak atas syafaatku di hari kiamat.” (HR. Bukhori).

Dzikir di masjid setelah sholat subuh sampai terbit matahari kemudian sholat dua rakaat

Dari Anas bin Malik  Nabi `bersabda, : “Barang siapa yang sholat subuh berjamaah, maka tetaplah di masjid sampai matahari terbit, kemudian sholat dua rakaat maka ia mendapat pahala haji dan umroh, sempurna, sempurna. (HR. At-Tirmidzi dan dishahih oleh al-Albani)

Demikianlah 10 amalan ringan namun besar pahalanya. Tentunya masih bayak lagi amalan-amalan ringan yang lainnya berpahala besar. Ketahuilah, bahwa gaya hidup orang-orang yang diridhoi Allah SWT adalah selalu merasa sedih dan rugi jika mereka meninggalkan ganjaran dan pahala. Semoga kita diberikan oleh Allah SWT hidayah untuk mengamalkannya setelah kita diberi petunjuk untuk mengetahuinya… Amiin... Wallahu Alam Bishowab....



Posting Komentar untuk " Inilah 10 Amalan Ringan Namun Berpahala Besar"