Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah.. !! Kebenaran Ketampanan Nabi Muhammad SAW Yang Melebihi Ketampanan Nabi Yusuf As

Hidayahilahi.com - Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi yang paling sempurna, dan tak terkecuali beliau sesungguhnya lebih tampan dari Nabi Yusuf as yang dikisahkan jika setiap wanita yang melihat Nabi Yusuf pasti merasa terpesona dan tidak bisa menahan diri. Seperti bunyi dalam al-Qur'an di bawah ini :

فَلَمَّا سَمِعَتْ بِمَكْرِهِنَّ اَرْسَلَتْ اِلَيْهِنَّ وَاَعْتَدَتْ لَهُنَّ مُتَّكَاً وَّاٰتَتْ كُلَّ وَاحِدَةٍ مِّنْهُنَّ سِكِّيْنًا وَّقَالَتِ اخْرُجْ عَلَيْهِنَّ ۚ فَلَمَّا رَاَيْنَهٗٓ اَكْبَرْنَهٗ وَقَطَّعْنَ اَيْدِيَهُنَّۖ وَقُلْنَ حَاشَ لِلّٰهِ مَا هٰذَا بَشَرًاۗ اِنْ هٰذَآ اِلَّا مَلَكٌ كَرِيْمٌ

"Maka ketika perempuan itu mendengar cercaan mereka, diundangnyalah perempuan-perempuan itu dan disediakannya tempat duduk bagi mereka, dan kepada masing-masing mereka diberikan sebuah pisau (untuk memotong jamuan), kemudian dia berkata (kepada Yusuf), “Keluarlah (tampakkanlah dirimu) kepada mereka.” Ketika perempuan-perempuan itu melihatnya, mereka terpesona kepada (keelokan rupa)nya, dan mereka (tanpa sadar) melukai tangannya sendiri. Seraya berkata, “Mahasempurna Allah, ini bukanlah manusia. Ini benar-benar malaikat yang mulia.” (Q.S Yusuf:31)

Akan tetapi pada kenyataannya, Allah mengaruniakan ketampanan yang luar biasa dan kegantengan yang tiada tara kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Ketampanan yang mengalahkan semua Nabi, bahkan seluruh umat manusia. Di samping itu, beliau juga menyematkan wibawa yang menyertai ketampanan tersebut.

Beberapa riwayat menyebutkan dari Abu Mas'ud ra., pada saat Fathu Makkah (penaklukan kota Mekah oleh Rasulullah dan para pengikutnya), ada seorang laki-laki menyapa Rasulullah, tetapi tubuhnya bergetar. Kemudian Rasulullah bersabda: "Tenanglah, sungguh aku adalah anak seorang perempuan Quraisy yang pernah makan daging dendeng" (HR. Ibnu Majah)

Riwayat lain menyebutkan, dari Amru bin Ash ra. mengatakan, "Aku adalah orang yang paling malu terhadap Rasulullah SAW, hingga tak pernah memandang beliau."

Di kalangan Bani Manaf, setidaknya ada lima orang laki-laki yang sangat mirip dengan Rasulullah, bahkan tidak jarang orang-orang yang lemah penglihatannya tidak bisa membedakannya.

Hasan bin Tsabit, sosok penyair juga memuji ketampanan Rasulullah dengan mengatakan : "Yang lebih tampan darimu, tak pernah mataku melihat, yang lebih tampan darimu, tak pernah dilahirkan oleh semua wanita. Engkau terlahir bersih tampan tanpa cacat, seolah-olah tercipta menurut kehendakmu"


Laki-laki tersebut adalah :

1. Abu Sufyan bin Harits bin Abdul Muthalib ra., saudara sepupu Rasulullah sekaligus saudara sesusuan (Radha')

2. Qatsam bin Abbas bin Abdul Muthalib, saudara sepupu Rasulullah.

3. Sa'ib bin Ubaid bin Abdu Zaid bin Hasyim, kakek Imam Syafi'i ra.

4. Ja'far bin Abi Thalib ra , saudara Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib ra.

5. Hasan bin Ali ta., cucu Rasulullah SAW.


Di antara kelima laki-laki tersebut, Hasan bin Ali adalah yang paling mirip dengan Rasulullah. Sementara, Mush'ab bin Umair, seorang duta pertama Islam, sangat mirip dengan Rasulullah saat mengenakan cadar. Oleh sebab itu, ketika Mush'ab terbunuh dalam perang Uhud, tersiar desas desus.

Yakni Nabi telah terbunuh, hal ini disebabkan karena kemiripan yang begitu dekat dengan Rasulullah SAW, ketika memakai cadar. Dari kaitan ketampanan Rasulullah ini banyak sahabat yang menggambarkannya.

Seperti Ali bin Abi Thalib, Anas bin Malik, Abdullah bin Abbas, Ka'b bin Malik, Abu Hurairah, Jabir bin Abdullah, Wa'il bin Hajar, Hanad bin Halah, Aisyah binti Abu Bakar, dan Ummu Ma'bad

Posting Komentar untuk "Inilah.. !! Kebenaran Ketampanan Nabi Muhammad SAW Yang Melebihi Ketampanan Nabi Yusuf As"