Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur

www.hidayahilahi.com

Hidayahilahi.com- Berwudhu merupakan suatu hal yang sudah tidak asing lagi bagi umat Islam. Pasalnya, berwudhu merupakan salah satu cara bersuci dalam menjalankan ibadah dalam Islam. Secara harfiah, wudhu adalah membasuh dan mengusab beberapa bagian tubuh. Melihat 'aktualisasi' ini, tentu banyak manfaat di luar syariah'. 

Kebiasaan baik ini tentu berdampak baik bagi yang melakukannya. Menurut ilmu kedokteran, itu juga sangat baik untuk kesehatan. Penelitian terbaru dari Universitas Alexsandria, menekankan bahwa orang yang berwudhu sebelum tidur memiliki lebih sedikit kuman dibandingkan orang yang tidak berwudhu.

Lalu apa saja manfaat berwudhu sebelum tidur bagi tubuh, berikut ini beberapa di antaranya seperti :

Bebas dari kuman 

Kuman bisa tumbuh dan berkembang di mana saja. Bahkan gagang pintu, sprei, tempat menonton televisi ternyata menjadi tempat berkembang biak yang baik bagi kuman. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk selalu bersih. Apalagi saat tidur. Salah satu solusinya adalah berwudhu sebelum tidur. Penelitian terbaru mengatakan bahwa wudhu dapat mengurangi kuman yang hidup di tubuh Anda.

Struktur wudhu itu sehat

Wudhu berarti membersihkan diri. Baik dari kotoran, kuman, maupun bakteri yang menyerang tubuh Anda. Melakukan wudhu dimulai dari niat, kemudian membasuh kedua tangan, berkumur, memasukkan air ke dalam hidung dan membasuh kepala yang jelas berarti membersihkan anggota tubuh bagian atas.

Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan tangan hingga siku, lalu ke kedua telinga, dan membersihkan kaki. Prosedur-prosedur yang disebutkan sangat baik untuk membantu Anda menjaga dan merawat kesehatan tubuh Anda.

Membantu menjaga kesehatan wajah

Menurut para ahli kecantikan mengimbau para kaum wanita untuk mencuci muka sebelum tidur, maka bayangkan jika Anda menyempurnakannya dengan berwudhu sebelum tidur. Kedua belah pihak sebenarnya memiliki esensi yang sama, yaitu membersihkan anggota tubuh bagian atas.

Mendekatkan Diri kepada Allah 

Berwudhu adalah salah satu bentuk ibadah yang tinggi. Karena dengan berwudhu kita selalu menjaga kebersihan diri. Sementara itu, Allah yang Maha Suci menyukai dan mencintai kebersihan. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan hadits yang berbunyi 'Kebersihan sebagian dari iman' kan?. 

Relaksasi otot

Pada siang hari, Anda pasti banyak melakukan aktivitas. Untuk itu perlu dilakukan untuk mengendurkan otot. Manfaat berwudhu sebelum tidur adalah salah satu cara untuk mengendurkan otot-otot yang kaku setelah seharian bekerja. Bahkan secara psikologis, seseorang yang telah berwudhu akan terlihat lebih rileks. Selain itu, tubuh Anda juga akan terasa segar kembali.

Baca Juga : Inilah 10 Amalan Ringan Namun Berpahala Besar

Mencerahkan kulit

Untuk mencerahkan kulit anda tidak perlu membeli peralatan make-up yang mahal untuk mendapatkan wajah yang cerah. Sebenarnya, berwudhu sebelum tidur juga bisa mencerahkan kulit wajah Anda. Karena menurut para ahli kecantikan, wudhu dipercaya mampu menghilangkan noda membandel. Dengan begitu wajah Anda terlihat lebih segar dan bersih.

Bentuk dan Upaya Menstimulus Saraf Pusat

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. Leopold Warner Von Ehrenfels, ia adalah seorang psikiater sekaligus ahli neurologi dari Austria , ia juga mengakui ada sesuatu yang istimewa ketika seseorang melakukan wudhu. Pusat saraf manusia yang paling sensitif ada di tangan, kaki, dan dahi. Ketiga bagian ini bisa dikatakan sangat sensitif terhadap keberadaan air tawar. Jadi ketika Anda mencuci ketiga bagian ini, Anda secara tidak langsung akan membangunkan dan merangsang sistem saraf pusat.

Terhindar dari penyakit kulit

Tangan, wajah, dan kaki merupakan bagian yang paling efektif untuk menyalurkan kuman dan kotoran. Karena ketiga bagian inilah yang paling banyak bersentuhan langsung dengan benda asing atau patogen. Karena itu, perlu dibersihkan berulang kali. Manfaatnya adalah mengurangi kemungkinan terkena penyakit kulit.

Menormalkan detak jantung

Salah satu aktivitas wudhu yang paling ampuh adalah saat Anda merendam anggota tubuh Anda di dalam air. Hal ini mampu membuat detak jantung normal lebih stabil. Hasil ini bahkan sudah diperiksa oleh Dokter Ahmad Syauqy yang ahli penyakit dalam dan penyakit jantung di London.

Menyembuhkan Insomnia

Anda sering mengalami susah tidur? Yap, insomnia memang menyerang remaja. Padahal menurut kesehatan, tidur terlalu larut, bahkan di pagi hari atau tidak tidur sekalipun bisa merusak organ tubuh Anda secara otomatis. Jadi kebiasaan insomnia harus dihilangkan. Metode? Ambil saja air wudhu sebelum tidur.

Demikian beberapa manfaat berwudhu sebelum tidur yang bisa anda lakukan setiap harinya. Semoga bermanfaat... Wallahu Alam Bishowab....


Posting Komentar untuk "Inilah Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur"