Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Viral.!! Makam Syekh Nawawi Banten Dibongkar, Ternyata Jasadnya Masih Utuh


Banyak kisah-kisah orang-orang sholih yang setelah wafat jasad mereka tetap utuh dan tidak hancur sedikitpun. Salah satunya adalah ulama besar asal Indonesia yaitu Syekh Nawawi Al-bantany. Beliau lahir dari keluarga yang religious di daerah tanara serang banten. 

Semasa kecil beliau menimba ilmu agama kepada sang ayah yang bernama KH. Umar bin Arabi dan beberapa ulama besar di banten. Dimasa mudanya, beliau juga mampu mengahafal alqqur’an dan menguasai berbagai macam disiplin ilmu agama, seperti ilmu tafsir, tauhid, akhlaq, fiqih, bahsa arab dsb.

Ternyata semangat hausnya menimba ilmu membuat syekh Nawawi memutuskan untuk melanjutkan study nya ke luar negeri, tepatnya di kota suci Makkah Almukarromah. Dimakkah beliau banyak menimba ilmu agama kepada ulama-ulama besar arab diantaranya: Ada sayyid Ahmad  An-Nahrawi, Sayyid Ahmad Dimyati, Sayyid Ahmad zaini Dahlan, Syekh Muhammad Khatib Al-Hanbali dan sbg. Pahitnya  Perjuaangan syekh Nawawi menuntut ilmu ternyata membuahkan hasil. Beliau akhirnya menjadi orang yang sangat alim dan terkenal.

Meskipun beliau berasal dari Indonesia, tetapi kedalaman ilmu dan kealimanya banyak diakui ulama dunia. Bahkan beliau pernah menjabat sebagai imam masjidil haram serta mengajar ilmu agama disana. Banyak sekali orang-orang yang berbondong-bondong menjadi murid dan menimba ilmu kepada beliau.

Output dari didikan syekh Nawawi juga berhasil melahirkan murid-muridnya menjadi ulama-ulama besar dan alim. Prestasi ini juga menjadi salah satu kebanggaaan umat muslim Indonesia karena memiliki seorang ulama yang luar biasa diakui dunia.

Syekh Nawawi Albantani juga banyak menulis karya kitab yang jumlahnya ada puluhan hingga ratusan kitab. Jumlah seluruhny ada 115 karya kitab yang membahas berbagai macam ilmu, ada ilmu fiiqih, ilmu tafsir, ilmu tasawuf, ilmu tauhid, ilmu hadis dan lain sebagainya.

Diakhir hayatnya, beliau wafat di kota suci Makkah pada tahun 1897. Jenazah beliau lantas dimakamkan di pemakaman ma’la kota suci Makkah. Namun ada kisah luar biasa dibalik makam syekh Nawawi al-bantani.

Sudah menjadi tradisi pemakaman di Makkah, bahwa sebuah makam yang telah berumur beberapa tahun maka harus di bongkar. Sisa-sisa Tulang-belulang yang masih ada kemudian diambil dan dijadikan satu. Kemudian tulang-tulang itu lantas dipindah dan dikuburkan kembali di sebuah tempat diluar kota.

liang kubur yang telah kosong, lalu dibiarkan terbuka untuk digunakan pemakaman jenazah baru. Namun pernah terjadi sesuatu yang mengejutkan saat para petugas makam membongkar makam syekh Nawawi.

Ketika makam dibongkar, para petugas lantas terkejut karena tak menemukan sisa-sisa tulang belulang. Yang mereka temukan hanyalah sebuah jasad yang masih utuh, tidak membusuk, tidak lecet, kain kafanya juga masih putih bagus. Peristiwa ini benar-benar tak lazim dan membuat terkejut para petugas, peristiwa ini lantas dilaporkan kepada atasan mereka. Lalu sang atasan menyimpulkan bahwa makam itu bukanlah makam orang sembarangan.

Alhasil, pemerintah arab Saudi lalu menghentikan pembongkaran makam syekh Nawawi, dan sampai saat ini, makamnya masih bisa dijumpai di pemakaman ma’la Makkah. Subhanallah, semoga kisah ini bermanfaat.

Sumber: Dilansir dari NU Online

Baca Juga: Kisah Jenazah Penghafal Al-Qur'an Utuh Setelah Puluhan Tahun Di Kubur

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk " Viral.!! Makam Syekh Nawawi Banten Dibongkar, Ternyata Jasadnya Masih Utuh"