Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Orang Tua Durhaka Yang Membuat Sahabat Umar Marah

 


Kisah Orang Tua Durhaka yang membuat sahabat umar bin khatab marah. Perilaku durhaka ternyata tidak hanya ditujukan kepada seorang anak yang berperilaku buruk, tetapi juga orang tua. Perilaku buruk orang tua bisa menjadi dampak munculnya sifat durhaka bagi si anak.

Dalam islam orang tua juga dituntut untuk tidak durhaka terhadap anak. Karena setiap anak punya hak-hak yang harus dipenuhi oleh orang tua. Begitupula sebaliknya orang tua punya hak-hak yang harus dipenuhi oleh sang anak.

Banyak sekali kita jumpai kisah  anak durhaka sebab buruknya perilaku orang tua terhadap sang anak. Seperti memberikan nama buruk, menjelek-jelekan anak, tidak menafkahi anak, tidak mendidik anak, memarahi bahkan melakukan kekerasan terhadap anak.

Alhasil ketika si anak besar, tak sedikit dari mereka yang membalas keburukan orang tua dimasa lalu. Rasa sakit hati si anak terkadang menjadikanya anak durhaka apalagi dalam keluarga broken home.

Pernah ada sebuah kisah anak kecil yang bandel. Ia sulit sekali diajak makan oleh ibunya, kelakuan anaknya ini lantas mengundang emosi. Sang ibu dengan teganya  menganiaya buah hatinya sendiri. ia lantas menyekap sianak dengan bantal tanpa belas kasih.

Tidak hanya itu, beberapa kali sang ibu juga ikut memukuli wajah si anak. Tindakan keji sang ibu ini lalu membuat si anak menangis dengan pilu. Sang ibu juga berusaha menyuapi sang anak dengan cara yang kasar.

Adalagi seorang ayah yang sangat geram kepada anaknya. Saat sang ayah memerintahkan anaknya untuk mengaji, si anak malah mebangkang pergi. Setelah pulang si anak malah membuat ulah memaki ayahnya . hal ini lantas memancing emosi. Sanga ayah lantas memukuli si anak yang kurang ajar itu dan melemparkan kearah sungai.

Sang anak tentu sangat ketakutan saat dianiaya sang ayah. Hal ini tentu menjadi pelajaran bagi orang tua agar bisa mendidik dan mengawasi anaknya dengan baik. Karena kedurhakaan anak terkadang sebab kesalahan orang tua dalam mendidik.

Belum lama ini, adapula kisah tragis perbuatan seorang ibu. Dimasa pandemi anaknya melakukan pembelajaran secara online. Namun sianak yang berusia 8 tahun susah sekali melakukan belajar online. Ia susah diajari dan dikasih tahu saat belajar.

Hal ini lantas membuat sang ibu kesal, ia lalu tega mencubit dan memukul sianak dengan gagang sapu. Saat sianak jatuh lemas, si ibu malah tega memukuli bagian belakang kepala sianak hingga akhirnya meninggal dunia. Inilah kisah orang tua yang tak sabaran, kejam dan menyia-nyiakan titipan Allah SWT.

Dikisahkan, dahulu pada masa khalifah umar bin khatab, ada seorang pria datang berkunjung kepada khalifah umar. Pada kesempatan itu, si pria lalu mengadu kepada khalifah umar tentang masalah anaknya yang durhaka dan berperilaku buruk.

Khalifah umar lantas memanggil si anak durhaka untuk dipertemuukan dengan ayahnya, hal ini dilakukan khalifah untuk mencari kejelasan tentang apa akar permasalahan yang terjadi. Bisa-bisanya ada anak berani durhaka kepada ayahnya sendiri.

Setelah dipertemukan, khalifah umar lalu meminta klarifikasi kepada si anak durhaka. Namun sianak dengan lagak kurang ajarnya malah mencela ayahnya sendiri, ia sama sekali tak merasa bersalah sebab sang aya telah menelantarkanya.

Si anak durhaka lalu bertanya kepada Khalifah umar “Wahai khalifah umar bin khatab, bukankah orang tua juga punya kewajiban kepada anaknya..?” Khalifah umar menjawab “iya betul” anak durhaka itu lalu bertanya lagi “Lalu apa saja kewajiban ortu kepada anaknya?”

Khalifah umar bin khatab lalu menjelaskan “أَنْ يَنْتَقِيَ أُمَّهُ وَيُحَسِّنَ اسْمَهُ وَيُعَلِّمُهُ الْكِتَابَ “Memilihkan ibu yang baik untuknya, memberinya nama yang bagus, dan mengajarkannya Al-Qur’an” mendengar penjelasan khalifah umar, sontak saja sianak berkata “Wahai khalifah umar, Ayahku sungguh tak melaksanakan tiga perkara itu. Ibuku adalah orang negro dari keturunan orang majusi. Ayahku memberi nama aku kumbang. Ia juga tak mengajariku  sehurufpun Al-Qur’an”

Mendengarkan penjelasan si anak, Khalifah umar lantas menegur keras orang tuanya yang kebangetan itu. bisa-bisa orang tua memperlakukan anaknya seperti itu. hal ini tentu saja membuat geram.

Khalifah umar lantas menegur orang tua itu“Kau mengadu tentang kenakalan anakmu, sementara kau sendiri sudah durhaka kepada anakmu, sebelum ia durhaka kepadamu. Kau sudah memperlakukan anakmu dengan buruk, sebelum anakmu berbuat buruk kepadamu”.  Itulah teguran keras khalifah umar bin khatab kepada orang tua yang tak menjalankan kewajibanya.


Menurut imam al-ghazali dalam kitab al-Adab fid din menjelaskan bahwa ada lima adab orang tua kepada anaknya, Diantaranya:

1.  1. Adab pertama selalu membantu anaknya suapaya bersikap baik kepada orang tua. Perilaku anak kepada ayah ibunya, sangat bergantung juga perilaku orang tua kepada anak.  Jika orang tua menyayangi anaknya tentu anaknya akan membalas kasih sayang itu. tetapi jikalau orang tua bertindak sesuka hati kepada anak tentu si anak akan membalas dengan keburukan.

2.  2. Adab kedua adalah setidaknya bagi orang tua tidak memaksa anak-anaknya berbuat baik diluar batas kemampuannya. Seperti hal nya mengharuskan anak kecil berpuasa full disiang hari layaknya orang dewasa, padahal tidak semua anak kecil mampu berpuasa sepanjang siang itu.

3.  3. Adapun adap ketiga adalah orang tua tidaklah memaksa anaknya disaat kesusahan, dan tidak memberikan perintah-perintah yang memberatkan si anak.

4.  4. Adab keempat adalah orang tua tidak menghalangi anak untuk melakukan ketaatan kepada Allah SWT, seperti halnya jika si anak ingin mengaji lalu malah diperintah mbolos untuk membantu kerja.

5.  5. Adab kelima adalah orang tua jangan membuat anak-ananya susah dan sengasara dikarenakan Pendidikan yang salah.  Orang tua hendaknya mendidik anak sebaik-baiknya agar memiliki ilmu serta keterampilan yang mencukupi. Jangan sampai memanjakan anak hingga akhirnya ia bodoh sehingga menyebabkan masa depanya buruk.

Semoga kisah ini bermanfaat, wallahu a’lamu bishowab.

Baca Juga: Kisah Asiyah Istri Fir'aun Yang Dijamin Surga Karena Durhaka

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Orang Tua Durhaka Yang Membuat Sahabat Umar Marah"