Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Peristiwa Yang Terjadi Di Bulan Rajab dalam Sejarah Islam


Kisah peristiwa-peristiwa yang terjadi di bulan rajab. Menjadi salah satu bulan yang dimuliakan Asyhurul hurum, ada beberapa peristiwa penting yang pernah terjadi di bulan Rajab. Peristiwa yang pertama adalah mengandungnya siti Aminah seorang janin yang kelak menjadi penutup para nabi yaitu Rasulullah Muhammad SAW.

Sekian lamanya masa mengandung Rasulullah, akhirnya pada tanggal 12 bulan Rabi’ul Awwal tahun gajah, siti Aminah melahirkan Rasulullah SAW. Kehadiran Rasulullah benar-benar menjadi RAhmat seluruh alam.

Peristiwa kedua adalah hijrahnya Rasulullah kenegeri Habasyah yang sekarang letaknya di Ethiopia di afrika.  Kala itu negeri habasyah tengah dipimpin oleh raja bernama Najasi yang bijaksana.

Tujuan hijrahnya Rasulullah yaitu untuk menyelamatkan kaum muslimin dari kejahatan kaum kafir di Makkah. Memang dikala awal mula Rasul berdakwah di Makkah banyak mendapatkan penolakan dan penentangan dari kaum kafir di Makkah. Mereka memusuhi nabi dan kaum muslimin.

Peristiwa yang ketiga adalah terjadinya perang tabuk di masa Rasulullah SAW. Penyebab terjadinya perang ini adalah adanya penyerangan romawi dan ghassaniyah kepada negeri hijaz. Perang ini merupakan perang terakhir yang dikomando oleh Nabi Muhammad SAW.

Namun pihak lawan memilih mengundurkan pasukan dan tidak sampai terjadi peperangan.  Perang ini menjadi kategori perang berat meski taka da peperangan, sebab jalur untuk  sampai di tabuk harus melewati medan berat dan terjal.

Peristiwa keempat adalah lahirnya Sayyidina Ali bin Abi Thalib Karromallahu Wajhah. Kita tahu banyak sekali keistimewaan yang dimiliki sayyidina Ali, diantaranya adalah dahulu Rasulullah pernah menyebut bahwa beliau adalah pintunya ilmu sedangkan sayyidina Ali adalah kuncinya.

Beliau juga disebut dengan doa Karromallahu Wajhah sebagai wujud penghormatan untuk sahabat Ali karena tak pernah musyrik dan menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun.

Peristiwa kelima adalah perebutan kota damaskus dari belenggu pasukan romawi. Dulunya kota damaskus pernah di kuasai oleh pasukan romawi, Damaskus termasuk kota bersejarah. Kekuasaan islam berhasil merebut kota damaskus dari romawi di bawah pimpinan  Abu Ubaidah dan Khalid bin walid.

Terjadinya perang yarmuk juga  berhasil dilakukan di bawah pimpinan khalid bin walid. Perang ini bertujuan untuk memperluas islamisasi di jagat syam dan mengusir romawi dari wilayah itu.  perang ini terjadi di masa khalifah umar bin khatab.

Peristiwa keenam adalah pembebasan Baitul maqdis dari belenggu tentara salib. Dahulu Pasukan muslimin mengepung yerusalem di bawah komando Salahudin al Ayubi. Pasalnya negeri para nabi itu dikuasai tentara salib dalam durasi cukup lama yaitu sekitar 88 tahun.

Kita tahu wilayah Baitul maqdis adalah tempat suci umat islam dan menjadi tempat para nabi terdahulu mensyiarkan agama Allah disana.  Dari keberhasilan inilah Masjidil Aqsho bisa kembali difungsikan umat islam untuk adzan dan melaksanakan ibadah sholat.

Peristiwa ketujuh adalah wafatnya Imam Syafi’i. Imam Syafi’I dahulu dilahirkan di palestina, sejak semasa kecil beliau menimba ilmu dari ibunya Fatimah binti ubaidah, sang ayah kala itu telah wafat di gaza. Lalu beliau juga meinmba ilmu keberbagai ulama di Makkah dan Madinah.

Salah satu guru beliau adalah imam malik. Berbagai macam disiplin ilmu agama beliau pelajari dan tekuni, hingga akhirnya menghantarkan beliau menjadi pendiri madzab fiqih besar yang bernama Madzab imam syafi’i. Di Indonesia madzab ini sangat populer dan sebagaian besar di anut oleh muslim Indonesia.

Peristiwa kedelapan adalah wafatnya imam muslim, nama asli beliau adalah Al imam Abul Husein Muslim  bin Al-Hajjaj. beliau adalah seorang ahli hadist/ perawi hadist yang sangat terkenal dikalangan umat muslim. Beliau banyak belajar kepada ulama ahli hadist salah satunya adalah imam bukhori.

Imam muslim sangat serius dalam studi hadist dan menelusuri sanadnya keberbagai daerah. Dari hasil belajar dan penelitian yang dilakukan, imam muslim berhasil mengumpulkan banyak sekali hadish2 dan menulisnya keberbagai kitab salah satunya yang populer adalah kitab Sahih Muslim.

Peristiwa kesembilan adalah hancurnya khilafah turki ustmani/ kesultanan ottoman turki. Kesultanan ini adalah kekhalifahan islam terbesar non arab. Kekhalifahan turki ustmani adalah kekhalifahan super kuat dalam islam dan memangku kekuasaan dalam waktu yang lama.

Kejayaan kekhalifahan ini berlangsung selama 600 an tahun dan merupakan kekhalifahan terakhir islam. Kekhalifahan ini bubar pada tahun 1922 dan ditahun 1923 berganti menjadi Republik turki. Dan tahun 1924 Kekhalifah Ustamani resmi bubar.

Peristiwa kesepuluh adalah terjadinya peristiwa isra’ mi’raj Rasulullah SAW, peristiwa ini merupakan salah satu mukjizat Rasulullah. Beliau diisra’kan dari masjidil haram Makkah menuju masjidil aqso palestina. Perjalanan malam yang singkat itu dilalui dengan memnggunakan kendaraan surga yang bernama buraq. 

Dari Masjidil Aqsha lantas Nabi Muhammad di mi’raj kan ke langit hingga sampai ke sidratul muntaha.  Peristiwa ini tepat terjadi pada malam ke 27 bulan Rajab.  Dan sejarah ini juga termaktub dalam al qur’an.

Dalam perjalanan dilangit Rasulullah menyaksikan berbagai macam peristiwa mengagungkan. Malaikat Jibril mengajak rasulullah keliling langit ke beberapa tempat. Beliau juga melakukan kunjungan ke surga, ke neraka, ke arsyi, dan dinding pembatas Alam semesta. Peristiwa ini sangat mengagunggkan karena berlum pernah dilakukan satu orang pun manusia yang bisa sampai kesitu.

Salah satu momentum penting saat isra’ mi’raj Adalah, turunya syariat kewajiban melaksanakan ibadah sholat lima waku. Saat itulah Nabi Muhammad dan umatnya diwajibkan untuk melaksanakan syariat sholat sehari lima waktu.

Sebenarnya awalnya diperintah menjalankan sholat 50 waktu, tetapi karena umat islam nanti terlalu berat beribadah, maka kewajiban itu dinego hingga akhirnya menjadi lima waktu sholat yaitu sholat subuh, sholat dzuhur, sholat ashar, sholat maghrib, dan sholat isya’. Semoga kisah ini bermanfaat Wallahu A’lamu Bishowab.

Baca Juga: Kisah Jin Ifrit Membuntuti Rasulullah Saat Isra' Mi'raj

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "10 Peristiwa Yang Terjadi Di Bulan Rajab dalam Sejarah Islam"