Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Nabi Luth Dan Azab Kaum Sodom Ditimpa Hujan Batu Part 3

Kisah Azab pedih yang menimpa kaum Nabi Luth As atau  Kaum Sodom. Ketika malaikat Jibril telah membutakan mata kaum Sodom, maka kaum Sodom lantas pulang dan berkata akan datang lagi dikeesokan hari.   

Namun sebelum kaum Sodom datang lagi dikeesokan harinya, para malaikat lalu menghmapiri nabi Luth As.  Mereka kemudian memerintahkan Nabi luth beserta keluarganya untuk segera pergi dari kota Sodom pada akhir malam atau sebelum waktu subuh tiba.

Nabi luth dan keluarganya juga diperintahkan untuk tidak menolehkan kepala kearah belakang saat pergi. Para malaikat berkata kepada Nabi luth  seraya menyampaikan kabar gembira atas akan dibinasakannya kaum Sodom yang zalim, semena-mena, terlaknat dan melampaui batas.

Kaum-kaum berakhlak keji itu nantinya Akan ditimpa azab pedih dari Allah SWT sebagai balasan atas pembangkangan dari ajaran yang lurus. Peristiwa itu juga sebagai pelajaran bagi pengkhianat dan peragu.

Mendengar perintah itu, Nabi luth beserta anak dan istrinya lalu mulai bersiap-siap pergi. Ketika semua persiapan sudah siap, mereka lalu bergegas pergi meninggalkan kota Sodom yang penduduknya sudah tidak bisa diharapkan lagi keimanan dan ketaqwaanya.

Dalam perjalanan meninggalkan negeri Sodom, nabi luth diperintah malaikat untuk berjalan dibelakang kelurganya seperti halnya menggiring mereka. Nabi Luth As lalu melaksanakan perintah dari malaikat itu.

Menurut kisah versi ahli kitab, kala itu malaikat memerintahkan Nabi luth untu naik kepuncak gunung, tetapi nabi luth merasa kejauhan dan meminta pergi keperkampungan terdekat saja. 

Malaikat lalu berkata “Silahkan kamu pergi, kami menunggumu, setelah kamu berada disana, kami akan menimpakan azab kepada mereka” disebutkan jikalau nabi luth pergi menuju perkampungan shau’ar atau ghaur zaghar.

Ahli kitab menyebutkan , malaikat Jibril mencabut negeri Sodom dengan menggunakan ujung sayapnya. Negeri itu terdiri dari tujuh kota. Penduduk negeri itu ada yang mengatakan berjumlah 400 jiwa adapula yang menyebutnya berjumlah 4000 jiwa termasuk hewan-hewan , Kawasan  dan tempat lainya. 

Malaikat Jibril kemudian mengangkat negeri itu keatas awan. Sembari menunggu waktu subuh tiba. Penduduk negeri itu nantinya akan ditimpakan azab pedih .

Ketika waktu malam telah berlalu dan malaikat mendengar suara ayam berkokok dan anjing melolong, Malaikat Jibril lantas membalikkan negeri itu dari atas menjadi bawah. Hal ini lantas membuat tanah-tanah tinggi negeri itu berjatuhan.

Para kaum Sodom lantas ditimpa azab yang sangat pedih, Allah mengazab kaum Sodom dengan menghujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar secara bertubi-tubi. Disetiap batu sudah tertulis nama orang-orang yang akan ditimpa hingga kepala mereka pecah.

Seluruh orang yang terkena hujan batu itu pasti mati seluruhnya baik orang yang berada dinegeri itu maupun diluar. Allah SWT berfirman dalam QS. Asy-Syu’ara:173: “Dan kami hujani mereka (dengan hujan batu), maka betapa buruk hujan yang menimpa orang-orang yang telah diberi peringatan itu”.

Allah juuga berfirman dalam QS An-Najm:53-55: “Dan negeri-negeri kaum luth yang telah dihancurkan Allah . Lalu Allah menimpakan atas negeri itu azab besar yang menimpanya. Maka terhadap nikmat Rabbmu manakah yang kamu Ragu-ragu?”

Kemudian istri Nabi luth kala itu ikut keluar negeri Sodom Bersama Nabi Luth dan kedua putrinya.  Namun ketika istri Nabi luth mendengar suara menggelegar kehancuran negeri Sodom, ia malah menoleh kearah belakang kearah kaumnya yang tengah diazab.

Ia lalu berkata “Duhai kaumku!”  Dan tiba-tiba ia tertimpa batu azab hingga kepalanya pecah dan mati. Istri Nabi luth menerima nasib buruk yang sama seperti kaumnya karena ia menganut agama kaumnya. Inilah azab balasan untuk istri durhaka dan pengkhianat.

Nabi luth tidak bisa menolong ataupun berbuat apa-apa kepada istrinya itu. Nabi luth tidak bisa menyelamatkan istrinya dari azab Allah. Istri Nabi luth terkena azab karena berani melanggar larangan untuk tidak menoleh kearah kaumnya dibelakang.

Ia telah melanggar perintah Allah sejak dahulu hingga saat itu. Ia kini sama-sama menjadi penghuni neraka Bersama istri Nabi Nuh yang durhaka. Naudzubillah, tsumma naudzubillah min dzalik.

Ketika negeri Sodom telah hancur, Allah SWT lantas merubah negeri itu menjadi danau. Namun danau ini berbeda dari danau pada umunya yang rasanya tawar dan bisa dimanfatkan. Danau negeri Sodom itu baunya tidak enak alias menyengat.

Airnya tidak bisa dipakai atau dimanfaatkan, seperti itu juga dengan daerah-daerah disekitar danau. Hal ini karena sebab kerusakan dan kehinaan yang ada dan menjadi sebuah pelajaran  yang menjadi tanda kekuasaan Allah SWT.

Begitulah cara Allah memberikan sebuah hukuman kepada orang-orang yang menentang perintah-NYA, mendustakan rasul-rasul-NYA, lebih mengikuti hawa nafsu, dan durhaka kepada-NYA. Hal ini juga menjadi bukti atas Rahmat-NYA kepada orang-orang yang beriman, bagaimana Allah menyelamatkan mereka dari kebinasaan, mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya yang terang. 

Allah SWT Berfirman “Sungguh pada yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Allah), tetapi kebanyakan mereka tidak beriman. Dan sungguh, Rabbmu dialah yang maha perkasa , lagimaha penyayang (QS. Asy-Syu’ara: 8-9).

Setiap orang yang berakal, faham, mengerti dan takut kepada Allah pastinya akan menjalankan semua yang Allah perintahkan dan menerima ajaran Rasulullah SAW. Mereka juga akan menggauli istri-istrinya yang halal atau budak-budak wanita mereka yang dimiliki.

Jangan sampai kita mengikuti jejak dan bujuk rayu setan, karena hal itu bisa menimbulkan murka dari Allah SWT dan bisa mendatangkan azab pedih kepada kita, Allah SWT Berfirman: “ Dan siksaan itu tiadalah jauh dari orang yang zalim” (Q.S Hud: 83) Naudzubillah mindzalik. semoga kisah ini bermanfaat, Wallahu A’lamu bishowab.

Sumber: Qishasul Ambiya' imam ibnu katsir

Writer: Muchtadil Anwar, A.Md, S.Kom

Baca Juga: Kisah Nabi Luth Dan Kaum Sodom Part 1

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Nabi Luth Dan Azab Kaum Sodom Ditimpa Hujan Batu Part 3"