Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kisah Nabi Luth Dan Kaum Sodom Part 1


Kisah Nabi Luth As dan Perbuatan Terkutuk Kaum Sodom. Nabi luth As adalah anak dari Haran bin Tarih. Seperti yang diketahui, Tarih disebut juga sebagai Azar yaitu Ayah Nabi Ibrahim As.  Azar adalah Ayah Nabi Ibrahim yang berprofesi sebagai pembuat patung yang terkenal.

Patung-patung itu dijual sebagai objek sesembahan umat dizaman itu. Azar memiliki tiga anak yaitu Nabi Ibrahim, Haran dan nahur.  Dengan demikian Nabi Luth As adalah keponakan Nabi Ibrahim As.

Meskipun Nabi Ibrahim terlahir dari keluarga pembuat, penjual dan penyembah patung, namun beliau telah mendapat hidayah dari Allah dan diutus untuk memberantas kemusyrikan dimuka bumi. Nabi Ibrahim dan Nabi Luth beriman kepada Allah SWT.

Suatu hari Nabi Luth pergi meninggalkan negeri pamanya Nabi Ibrahim sesuai perintah dan izinya. Nabi Luth As juga diutus Allah untuk berdakwah kepada kaum Sodom yang menyimpang.

Nabi luth As lantas pergi dan bersinggah disebuah negeri yang bernama ghaur zaghar. Ibukota negeri itu bernama Sodom.  Kota Sodom memiliki penduduk yang berperilaku buruk yang amat keji dan menyimpang.

Watak mereka buruk sekali baik secara lahir maupun batin. Negeri itu dipenuhi kemaksiatan, kejahatan dan penyimpangan. Mereka sudah terbiasa melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang Allah SWT.

Penduduk Sodom juga suka melakukan perampokan.  Apabila ada seseorang yang melakukan perbuatan munkar maka yang lain tidak saling melarang maupun mengingatkan. Hal ini sama saja mendukung perbuatan kriminalitas tumbuh berkembang bebas di jiwa masyarakat.

Ibarat satu virus akan sangat mudah menyebar menjangkiti banyak orang apabila ada unsur perantara yang membantunya. Virus-virus inilah yang banyak dilakukan warga Sodom.

Kebiasaan buruk kaum Sodom lainya adalah mereka gemar mengkhiatani teman sendiri. Mereka gemar melakukan perbuatan maksiat ditempat-tempat berkumpul. Tutur kata dan perbuatan mereka sangat buruk. Betapa bobrokknya negeri Sodom itu.

Kerusakan akhlak dan moral terjadi dimana-mana. Mereka tak menyadari bahwa kenikmatan dunia hanyalah sementara, dan seluruh amal perbuatan mereka akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat kelak.

Salah satu perbuatan buruk lainya yang dilakukan kaum Sodom adalah mereka suka beradu kentut di tempat-tempat perkumpulan tanpa adanya rasa malu sedikitpun dengan kawan-kawanya. Ntahlah, mungkin urat malu mereka udah putus, akhlak mereka sudah rusak.

Didalam islam menertawakan orang yang kentut saja adalah termasuk perbuatan maksiat, Tetapi kaum Sodom malah suka beradu kentut, hal ini tentu bisa banyak mengundang gelak tawa banyak orang.                                      

Selain itu, ada perbuatan yang sangat terlarang yang dilakukan oleh kaum Sodom, yaitu homoseksual atau menyukai sesame jenis. Mereka lebih suka menyodomi kaum lelaki dari pada menikahi wanita. Pergaulan bebas menjadi kebiasaan mereka.

Kaum Sodom adalah kaum pertama yang melakukan homoseksual dan penyimpangan seksual didunia. Pasalnya Belum ada satupun manusia sebelum kaum Nabi luth yang melakukan perbuatan bejat ini.

Karena banyaknya penyimpangan dan maksiat itulah, Allah SWT mengutus Nabi Luth AS untuk menyadarkan kaum Sodom. Nabi luth As berusaha menyeru kepada kaumnya agar segera bertaubat dan beriman kepada Allah SWT.

Nabi Luth As juga menyeru kepada mereka agar meninggalkan perbuatan keji yang selama ini mereka anggap hal biasa. Namun Upaya nabi luth As rupanya banyak mendapatkan penolakan dari kaumnya, mereka enggan mengikuti nasihat Nabi Luth As.

Nabi luth berusaha menyeru kepada kaumnya, pernah beliau berkata kepada kaum Sodom “Mengapa kamu melakukan perbuatan keji, yang belum pernah dilakukan oleh seorangpun sebelum kamu (didunia ini).

Sungguh, kamu telah melampiaskan syahwatmu kepada sesame lelaki bukan kepada perempuan. Kamu benar-benar kaum yang melampaui batas..” Namun kaum Sodom tak merespon ajakan baik nabi luth, mereka malah menyeru untuk mengusir nabi luth As.

Hati kaum Sodom sangat keras ketika didatangkan sebuah ajakan kebaikan. Mereka tak  mau mendengarkan nasihat dan peringatan seseorang untuk mengentikan perbuatan maksiatnya.  Mereka juga tak menyesali setiap dosa-dosa yang telah mereka lakukan.

Mereka merasa bagai manusia yang hidup tanpa dosa. Mereka sama sekali taka da niatan untuk mau dan berusaha berubah dari watak dan perbuatan keji. Bahkan mereka berani menentang  dakwah Rasul Allah yaitu Nabi Luth As.

Kaum Sodom identic dengan kelakuanya yang suka berbuat liwat atau menyetubuhi pria pada lubang duburnya. Mereka suka berbuat kekejian, dan berbuat hal yang melampaui batas, berbuat kebodohan dan perbuatan buruk lainya.

Tindakan Kaum Sodom  tidak hanya mencakup tentang perilaku sodomi saja, tetapi banyak hal lainya  seperti berzina, selingkuh, merampok, berkhianat dan banyak tindakan maksiat dan criminal lainya.

Perilaku kaum Sodom bukan serta merta hanya untuk memenuhi Hasrat seksual saja, tetapi lebih dari itu. seperti untuk wujud balas dendam kepada orang-orang yang tidak mereka sukai. Mereka juga suka melakukan sodomi yang bertujuan untuk mengusir orang dari tanah mereka tanpa ada Hasrat seksual sama sekali. 

Disaat nabi luth datang dari babilonia, kaum Sodom juga merasa khawatir jikalau tanah yang mereka punya diambil dan dikuasai. Maka tak heran mereka melakukan praktik sodomi sebagai cara perlawanan untuk menaklukan para pendatang. Naudzubillah min dzalik. Untuk kisah selanjutnya next di artikel selanjutnya ya. Wallahu A’lamu bishowab.

Sumber: Qishasul Ambiya' imam ibnu katsir

Writer: Muchtadil Anwar, A.Md, S.Kom

Baca Juga: Kisah Kaum Nabi Luth Hendak Merampas Tiga Tamu Tampan Part 2

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Nabi Luth Dan Kaum Sodom Part 1"