Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kisah Sejarah Asal Usul Bulan Rajab dan Misteri didalamnya

 


Kisah sejarah Asal usul bulan rajab yang penuh misteri. Bulan rojab adalah bulan Allah yang tuli, sebab pada bulan ini malaikat-malaikat pencatat hanya mencacat kebaikan-kebaikan saja tanpa mencatat keburukan. Berbeda dengan bulan selain rojab.

Jadi selama bulan rojab para malaikat itu tidak mendengar sebuah keburukan yang perlu dicatat. Lafadz rojab memiliki kandungan arti, yaitu ro bermakna Rahmat Allah, Jim bermakna Jurmul ‘Abdi (dosa hamba) sedangkan ba’ bermakna Biruullahi (kebajikan Allah).

Selain itu Disebut juga bulan rajab karena dahulu orang-orang arab merajabkanya  atau mengangungkanya. Diantara pengagungan masyarakat arab pada bulan rajab yaitu bahwasanya para pelayan-pelayan ka’bah membuka pintu ka’bah  sepanjang  bulan rajab.

Sedangkan bila dibulan lain mereka tidak membuka pintu ka’bah selain hari senin dan kamis saja. Mereka mengatakan bahwa seorangg hamba tidak boleh dicegah dari rumah Allah pada bulan Allah yaitu bulan rajab.

Dikisahkan bahwa jabal qof adalah sebuah gunung misterius, gunung itu adalah induknya semua gunung di dunia. Dibelakang gunung qaf terdapat sebuah negeri putih  yang tanahnya seperti perak, dan luasnya tujuh kali lipat dunia ini.

Negeri itu dihuni dan dipenuhi banyak sekali para malaikat. Disetiap tangan malaikat terdapat bendera yang bertuliskan kalimat “La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah”. 

Pada Setiap malam jum’at pada bulan rojab, mereka para malaikat berkumpul disekeliling gunung  qaf sembari memohonkan keselamatan dan ampunan untuk Umat Nabi Muhammad SAW hingga subuh.

Mereka berkata “ Rabbana irham ummata Muhammadin wala Tu’adzibhum” (Ya tuhan kami, Rahmatillah umat Nabi Muhammad, dan janganlah engkau mengadzab mereka). Allah SWT lantas berfirman “ Ya Malaaikatii wa’izzatii  wajalaalii qod ghofartu lahum” (Wahai malaikat-malaikatku, demi keperkasaan-Ku dan keagungan-Ku, sungguh Aku telah mengampuni mereka).

Sumber: Kitab Durrotun Nashihin Fil wa’dzi wal Irsyad

Writer: Muchtadil Anwar, A.Md, S.Kom

Baca Juga: Kisah Bulan Rajab Yang Membuat Rasulullah Menangis Di Kuburan

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Sejarah Asal Usul Bulan Rajab dan Misteri didalamnya"