Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sejarah Gelar "As-Shiddiq" Yang di Sematkan Kepada Sahabat Abu Bakar Part 6

 


Asal Usul Gelar As Shidiq Yang diberikan kepada sahabat Abu Bakar. Dikisahkan, bahwa setelah peristiwa isra’ mi’raj itu Rasulullah  mengetahui bahwa orang-orang tak kan percaya peristiwa itu. hal inilah yang lantas membuat Rasul sedih. Saat Rasul tengah duduk, lewatlah abu jahal lalu duduk dihadapan Rasul sembari mengolok dan berkata: “Adakah sesuatu yang telah kau dapat..?”

“Ya, tadi malam aku telah diperjalankan” jawab Rasul” “kemana?” Tanya abu jahal. Rasul menjawab: “Ke baitul maqdis”. Abu jahal berkata: “lalu pagi ini kau sudah berada di antara kami..?” “Ya” Jawab Rasul. Abu jahal bertanya: “beranikah kau katakan kepada kaummu seperti yang kau katakana kepadaku tadi..?” “Ya” Jawab Rasul.

Abu Jahal lalu berkata kepada orang-orang: “Wahai bani ka’ab dan lu’aiy sekalian, kemarilah..!” maka mereka lalu berdatangan dan berkumpul  dihadapan Rasulullah dan Abu jahal. “Katakanlah kepada kaummu apa yang sudah kau katakan kepadaku tadi” pinta abu jahal.

Rasul berkata: “Baiklah, Tadi malam aku telah di perjalankan” orang-orang bertanya”kemana”” Kebaiitul Maqdis” jawab Rasul. Mereka lalu berkata”lalu pagi ini kau sudah berada ditengah-tengah kami..?” “benar sekali” jawab Rasul.  

Lalu larilah beberapa orang musyrik untuk menemui sahabat Abu bakar, mereka lalu berkata kepada Sahabat Abu bakar”Sudahkah kau dengar berita dari sahabatmu itu? dia mengaku bahwa dia telah diperjalankan tadi malam”

Sahabat abu bakar bertanya” benarkah beliau berkata seperti itu..?” mereka menjawab “ iya dia telah berkata begitu”. Tidak berpikir Panjang, sahabat Abu bakar lantas membenarkan sabda Rasulullah itu. Karena pembenaran itulah sahabat abu bakar dijuluki As-shiddiq (Orang yang jujur). Semoga kisah ini bermanfaat.

Dilansir dari: Kitab Durrotun Nashihin

Writer: Muchtadil Anwar, S.Kom

Baca Juga: Debat Bumi dan Langit Adu Kesombongan - Sejarah Munculnya Isra' Mi'raj Part 7

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Sejarah Gelar "As-Shiddiq" Yang di Sematkan Kepada Sahabat Abu Bakar Part 6"