Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Empat Peristiwa Penting Yang Terjadi di Bulan Sya’ban


Kisah Empat peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan Sya’ban. Yang Pertama adalah peristiwa pemindahan Arah kiblat umat muslim dari Baitul maqdis ke ka’bah masjidil haram. Nabi di perintah Allah untuk melakukan perubahan arah kiblat ini pada malam nisfu sya’ban tepatnya pada malam selasa.

Dalam kitab Tafsir Al-Kabir karya Al-Razi dijelaskan, bahwa awalnya dahulu Nabi berpendapat  bahwa Baitul Maqdis adalah kiblatnya kaum yahudi, Nabi tak suka dengan arah kiblat orang-orang yahudi.

Dari sinilah lalu nabi meminta perubahan arah kiblat kepada Allah melalui perantara malaikat Jibril. Malaikat Jibril lantas menyampaikan perhomonan nabi kepada Allah.

Sembari menunggu jawaban dari Jabril. Nabi Muhammad  mendengakkan wajahnya ke langit sembari menunggu jawaban Allah yang di bawa Jibril. Dan akhirnya Jibril turun dengan membawa wahyu QS. Albaqoroh ayat 144,

Yang intinya adalah Allah mengabulkan permintaan Nabi dan memerintahkan nabi untuk mengubah arah kiblat dari Baitul maqdis menjadi ke ka’bah Masjidil Haram.

Selain karena Baitul maqdis adalah kiblat orang yahudi, perubahan kiblat itu bertujuan juga untuk mempengaruhi orang-orang arab agar bersedia memeluk agama islam.  Dahulu Ka’bah adalah juga kiblatnya nabi Ibrahim As. Perubahan kiblat ini juga merupakan keinginan nabi agar Masjidil haram yaitu kota kelahiran Nabi menjadi mulia.

Peristiwa kedua yang terjadi di bulan sya’ban adalah Peristiwa turunya ayat tentang anjuran bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Ayat itu adalah surah Al Ahzab 56 yang artinya: ““Sungguh Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, shalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”.

Peristiwa ketiga yang terjadi dibulan sya’ban adalah penyerahan rekap semua amal manusia kepada Allah SWT. Peristiwa inilah yang menyebabkan Bulan sya’ban menjadi bulan utama dan mulia.

Nabi pernah menjelaskan bahwa dibulan sya’ban banyak orang lalai, padahal bulan itu amal mereka di serahkan semua kepada Allah. Nabi lantas berpuasa di bulan sya’ban dan suka jika amal beliau diserahkan dalam kondisi berpuasa.

Peristiwa keempat yang terjadi dibulan sya’ban adalah turunya ayat tentang kewajiban berpuasa. Dalam kitab Minhajul muslim karya syaikh Abu Bakar jabal Al-Jazairi menjelaskan, bahwa turunya ayat perintah tentang kewajiban berpuasa terjadi pada hari senin bulan sya’ban tahun ke-2 Hijriyah.

Adapun ayat yang turun adalah  Surah Albaqoroh ayat 183.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Yang Artinya:" Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,". Nah itulah beberapa kisah dan peristiwa penting yang terjadi di bulan Sya’ban. Semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan besok Amin. Semoga Kisah ini bermanfaat Wallahu A’lamu bishowab.

Baca Juga: Kisah Keutamaan Bulan Suci Ramadhan Yang Mulia

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Empat Peristiwa Penting Yang Terjadi di Bulan Sya’ban"