Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Daftar Nama Nama Setan dan Tugas nya

 


Daftar Nama Nama Setan dan Tugasnya. Diketahui setan memiliki berbagai macam nama dan tugas penting untuk menyesatkan Manusia. Imam Al Qurthubi menjelaskan ada lebih dari sepuluh nama, hal ini sebagai mana riwayat Al Mujahid.

Diantaranya, Setan Yang pertama adalah bernama Zalnabur. setan ini gemar mendiami pasar-pasar dan masuk ketoko toko pedagang. Mereka juga menghasut pengunjung-pengunjung pasar. Maka tak heran, banyak terjadi praktik kecurangan seperti pengurangan takaran timbangan dan maksiat lainya.

Setan kedua adalah bernama Tsabur, setan ini memiliki tugas penting untuk menghasut manusia. Ia akan membujuk manusia untuk melakukan pemukulan terhadap sesamanya.

Maka, banyak juga orang tersulut bujuk setan jenis ini sehingga sangat mudah untuk melakukan perkelahian dan adu jotos. Selain itu setan Tsabur juga berperan untuk membujuk seseorang agar melakukan aksi pencopetan dan lain sebagainya.

Setan ketiga adalaha bernama  Al ‘Awar, tugas setan ini adalah membuka pintu perzinahan. Mereka akan berupaya untuk menghasut orang agar melakukan perbuatan zina. Orang-orang yang suka pacaran akan sangat rentan terkena hasutan setan ini, sehingga mereka tak segan untuk melakukan zina dan terjun dalam dosa-dosa besar yang dilarang oleh Allah SWT. Perbuatan zina juga memiliki ancaman siksa yang besar pula di akhirat.

Setan keempat adalah bernama Masuth, ia adalah setan yang suka menyebar kabar angin dan menyebar bibit fitnah di bibir manusia. Akibat hasutan setan ini, akan mengakibatkan orang mudah untuk menebarkan fitnah-fitnah.

Berita bohong atau hoax adalah salah satu output yang diciptakan oleh setan ini. Dampak fitnah sangat besar sekali, hingga dikatakan bahwa Al fitnah Assyaddu minal qotl yang artinya fitnah lebih kejam daripada pembunuhan.

Setan kelima adalah setan yang bernama Dasim, setan ini kerap mengganggu manusia ketika sedang makan. Terutama manusia yang saat makan tidak membaca Asma Allah. Setan ini akan gemar nimbrung ikut makan terhadap orang yang makan tak membaca doa.

Maka untuk menghindari gangguan setan model inii, sebaiknya berdoalah sebelum makan Dahulu minimal membaca bismillah, supaya setan bisa terusir.

Setan selanjutnya adalah bernama Al Aqyas. Setan ini disebut juga dengan Nama Khanzab. Mereka gemar mendatangi orang-orang yang sedang sholat dan juga mengganggu.

Tak jarang orang-orang yang sholat hatinya tak khusuk dan pikiran masih terbesit urusan duniawi. Maka sebaiknya bacalah taawudz dan surah an-nash terlebih dahulu sebelum sholat, agar setan pengganggu ini bisa terusir.

Selain dalam sholat, ada juga setan yang gemar mengganggu manusia saat sedang berwudhu. Setan itu dikenal dengan nama Al Walhan. Effek dari gangguan setan ini bisa menimbulkan rasa was was terhadap orang yang tengah berwudhu.

Seperti halnya lupa urutan berwudhu, dan ragu terhadap basuhan wudhu. Lalu ada juga setan bernama Al Abyadh, mereka bertugas untuk menggoda orang-orang sholih, merusak dan menebar fitnah atas ibadah orang sholeh itu

Selanjutnya, ada setan bernama Marhu yaitu setan yang hinggap dan tinggal didalam seruling-seruling. Lalu ada setan bernama  Al Walhan yaitu setan yang tugasnya merusak kebersihan. Dan Ada juga setan yang bernama Laqus, ia adalah setan yang bertugas untuk menghasut manusia.

Lalu ada juga setan bernama  Al Haffaf, setan ini biasanya tinggal di padang pasir. Tugas setan ini adalah untuk membuat manusia bingung dan menyesatkan manusia. Selain di padang pasir, setan Al Haffaf juga bersemayam pada orang yang pemabuk dan juga bersemayam pada minuman keras. Selain itu ada juga setan yang bernama Al Mutaqodhi. Naudzubillah Mindzalik. 

Sumber: Kitab Durrotun Nashihin

Writer: Muchtadil Anwar, S.Kom

Baca Juga: Kisah Setan Mencuri Zakat Fitrah Dimasa Nabi Muhammad SAW

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Inilah Daftar Nama Nama Setan dan Tugas nya"