Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kisah Rasulullah Mencekik Jin Ifrit Karena Mengganggu Sholat


Kisah Pertarungan Rasulullah dengan Jin Ifrit. Jin adalah makhluk ghaib yang diciptakan dari nyala api. Diantara mereka ada yang beriman/ jin mukmin adapula yang kafir atau disebut setan. Jin setan ini suka mengganggu ibadah manusia dan suka mencelakai manusia.

Dahulu jin-jin bisa leluasa mencuri informasi/ berita-berita dari langit. Tetapi sekarang sudah tidak bisa lagi, karena apabila mereka hendak mencuri berita di langit, maka mereka akan dilempari panah panah api yang sangat panas, dan bisa membakar tubuh mereka.

Diantara jin yang suka mengganggu adalah bernama jin ifrit. Ia adalah setan dari golongan bangsa jin yang sangat cerdik dan jahat. Ia banyak menyasar dan mengganggu manusia. Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah diganggu oleh jin ifrit yang durjana.

Sejarah keberadaan jin ifrit sudah ada sejak zaman Nabi SUlaiman As.  Jin ifrit memiliki kekuatan yang sangat super dan menjadi komandan jin. Tetapi dizaman nabi sulaiman jin ifrit berhasil ditaklukkan dan tunduk di bawah kekuasaan Nabi Sulaiman As.

Nabi sulaiman adalah seorang Nabi Allah, beliau juga dianugerahi Allah kerajaan dan harta yang berlimpah. Namun banyaknya harta tidak membuat beliau kufur ni’mat dan meninggalkan ibadah.

Nabi Sulaiman adalah seorang raja yang memiliki banyak mukjizat yang luar biasa. Beliau mampu memahami Bahasa hewan, mampu menaklukkan angin, dan mampu menaklukkan bangsa jin. Nabi sulaiman memiliki kewibawaan yang besar dihadapan rakyatnya.

Dikisahkan Dahulu Nabi Sulaiman pernah mengadakan chalens kerajaan. Beliau lalu mengumpulkan dan memanggil semua rakyatnya dari berbagai elemen dan bangsa. Baik dari bangsa manusia, hewan, makhluk halus dan sebagainya.

Nabi sulaiman lalu menawarkan kepada mereka semua sebuah tantangan, tentang siapakah yang kuasa memindahkan istana ratu balqis dari negeri saba’ ke istana nabi Sulaiman. Pemindahan itu harus bisa dilakukan sebelum Ratu balqis dan pasukanya tiba di istana Nabi Sulaiman.

Challenges itu lalu ditanggapi oleh salah satu makhluk dari golongan jin yang bernama jin ifrit. Ia adalah jin yang mengaku memiliki kekuatan besar yang mampu memindahkan istana ratu balqis. Jin ifrit lalu berkata kepada Nabi Sulaiman:

“Wahai baginda, sayalah yang akan membawa istana itu kepadamu sebelum engkau berdiri dari tempat dudukmu, dan sungguh aku kuat melakukanya dan bisa dipercaya”. Jin ifrit mengaku mampu memindahkan istana ratu balqis  lengkap Bersama batu-batu berharga yang melekat.

Kemudian tanggapan muncul dari golongan manusia yang alim . Pria itu bernama Ashif bin barkhaya, ia adalah sepupu Nabi Sulaiman sendiri.  Pendapat lain mengatakan bahwa ia adalah seorang jin mukmin penghafal nama Allah yang paling Agung.

Namun pendapat lain menyebutkan bahwa ia adalah seorang ulama bani Israel.  Pria ibu berkata kepada Nabi Sulaiman: “ Wahai baginda, Aku akan membawa istana itu kepadamu sebelum  matamu berkedip” pria itu lalu melakukan upaya untuk memindahkan istana.

Dan ternyata luar biasa, tidak berselang lama, istana Ratu balqis berhasil dipindahkan ke hadapakn Nabi Sulaiman As.  Nabi Sulaiman melihat istana itu dipindahkan dalam waktu yang amat singkat, padahal posisi istana ratu balqis berada di yaman, lalu berhasil dipindahkan ke Baitul maqdis dalam sekejapp saja.

Nabi Sulaiman berkata: “ini termasuk karunia Rabbku untuk mengujiku, apakah aku bersyukur atau mengingkari (nikmat-Nya)” Subhanallah itulah Peristiwa mengagungkan dizaman nabi Sulaiman As.

Pada zaman Nabi Muhammad SAW, jin ifrit sempat menampakkan wujud. Pada suatu malam, Nabi Muhammad tengah melaksanakan sholat, tiba-tiba muncullah jin ifrit dengan meloncat guna memutus sholat Nabi.

Atas kuasa Allah, Nabi Muhammad diberikan kemampuan untuk menangkap jin ifrit dan mecekik ifrit. Setelah ditangkap nabi berkeinginan untuk mengikat jin ifrit pada tiang masjid agar esok pagi bisa dilihat orang-orang. Namun seketika Rasul teringat Doa Nabi Sulaiman

Doa itu adalah “ Ya Allah! Ampunilah aku dan berikanlah diriku kerajaan yang tak layak bagi seorangpun setelahku”. Kemudian dilepaskanlah jin ifrit itu dengan kondisi terhina. Atas dasar inilah kemudian Nabi Muhammad SAW melepaskan jin ifrit yang nglunjak itu.

Jin ifrit yang dikenal kuat dan sakti hingga mengaku mampu memindahkan istana ratu balqis ternyata mampu dikalahkan Nabi Muhammad SAW. Inilah semua adalah atas pertolongan dan kuasa Allah SWT.

Dalam kisah lain yang disampaikan oleh gus baha’  bahwa asal muasal Nabi Menangkap jin ifrit itu adalah sebab Rasululullah diganggu saat sedang sholat. Nabi lalu berinisiatif untuk mengikat jin ifrit pada tiang masjid.

Tujuan pengikatan itu adalah suapa jin itu menjadi bahan mainan anak-anak Madinah. Namun keingininan itu gagal terwujud lantaran Nabi teringat Doa yang di ucapkan Nabi Sulaiman diatas. Akhirnya jin itu lantas dilepaskan Nabi.

Tujuan Allah SWT menciptakan bangsa jin adalah sama seperti manusia yaitu supaya mereka menyembah dan beribadah kepada Allah. Jin mempunyai tanggungan dan kewajiban yang sama halnya dengan manusia yaitu untuk beribadah kepada Allah.

Sebenarnya jin itu takut kepada manusia. Jin tak bisa memberikan manfaat kepada manusia dan juga tak bisa memberikan madhorot kepada Manusia. Sedangkan setan adalah makhluk dari golongan manusia dan jin yang durhaka kepada Allah SWT. Jadi Jin ada yang mukmin dan kafir, dan manusia juga ada yang mukmin dan kafir.

Oleh karena itu tidak benar bila seluruh jin disebut sebagai setan. Penyematan nama setan itu khusus untuk jin kafir yang membangkang perintah Allah dan suka menjerumuskan manusia kepada kesesatan. Perilaku jin juga sama seperti manusia, mereka juga makan, minum, melakukan perkawinan dan mati.

Sedangkan setan mereka adalah anak-anak iblis yang takkan mati sampai hari kiamat, profesi mereka adalah mengganggu dan menjerumuskan umat manusia kepada kesesatan, Naudzubillah min dzzalik. Semoga kisah ini bermanfaat Wallahu A’lamu bishowab.

Baca Juga: Kisah Jin Ifrit Membuntuti Rasulullah Saat Isra' Mi'raj

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Rasulullah Mencekik Jin Ifrit Karena Mengganggu Sholat"