Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah 15 Ancaman dan Azab Bagi Orang Yang Meninggalkan Sholat Lima Waktu


Beginilah nasib seorang muslim yang berani meninggalkan ibadah Sholat. Orang yang meninggalkan sholat, ia akan mendapatkan lima belas siksaan, baik didunia, saat mati, saat dialam kubur dan saat di akhirat. Ketika Tarikus Sholah/ Orang yang meninggalkan ibadah sholat mati, Maka ia akan mendapat azab kubur yang sangat pedih. 

Orang itu akan diazab oleh ular besar yang bernama Asy Syuja’ Al Aqra’. Berikut lima belas siksaan yang dijelaskan dalam kitab Irsyadul ‘Ibad (karya Syekh Zainuddin Al Malibari) Bab Fadhlish Sholatil Maktubah.

Orang yang berani meninggalkan Sholat, maka dia akan menerima enam jenis siksaan selama hidup di dunia. Siksaan yang pertama, umurnya tidak berkah. Siksaan yang kedua, tanda kesholihan menghilang dari wajahnya. 

Siksaan yang ketiga, amal baiknya tidak mendatangkan pahala. Siksaan yang keempat, Doanya tidak dikabulkan. Siksaan yang Kelima, dia Tak memperolah bagian doa para orang sholeh. Dan siksaan yang keenam, dia akan banyak dibenci orang-orang.

Tidak hanya siksaan Dunia, orang yang berani meninggalkan sholat juga akan mendapat tiga siksaan saat waktu kematianya. Siksaan yang pertama, ia akan mati dalam keadaan hina. SIksaan yang kedua, ia akan mati dalam keadaan kelaparan. 

Dan siksaan yang ketiga, ia akan mati dalam keadaan kehausan. Menyedihkanya lagi, rasa haus saat kematian itu begitu dasyat. Andaikan orang yang meninggal itu meminum air lautanpun, tentu tak akan bisa menghilangkan rasa haus saat kematian itu. Naudzubillah mindzalik.

Kemudian saat dialam kubur, Orang yang meninggalkan sholat juga akan mendapat  tiga siksaan lagi ketika sudah ada dialam kubur. Siksaan yang pertama, kuburanya akan menyempit. Ia akan menerima himpitan kubur yang dasyat hingga menyebabkan tulang tulang rusuknya remuk saling simpangan. 

Tidak hanya itu, siksaan yang kedua ini bikin merending, dimana luang kubur orang yang meninggalkan sholat akan di lalap api membara. Mayit ini akan hidup dialam kubur Bersama api api panas yang menyakitkan.

Selama dialam kubur, orang yang semasa hidup meninggalkan sholat juga akan menerima siksaan yang ketiga. Yaitu, orang itu akan menjumpai ular besar yang bernama As Syuja’ Al Aqra’. Ular besar ini adalah ular yang diutus Allah SWT untuk mengazab orang yang semasa hidup berani meninggalkan sholat. 

Ular ganas ini tidak belas kasihan dalam menerkam orang-orang yang mendurhakai Allah. Azab ini adalah sebagai balasan terhadap orang-orang yang menyepelekan kewajiban sholat lima waktu.

Selanjutnya, setelah dibangkitkan dari kubur, Orang yang berani meninggalkan sholat juga akan mendapat tiga siksaan pedih lagi. Siksaan yang pertama, ia akan mengalami hisab yang berat sekali. Siksaan yang kedua, ia akan dibenci oleh Allah SWT. 

Kemudian siksaaan terakhir yang tidak kalah dayastnya adalah, ia akan dimasukkan kedalam kobaran api-api neraka. Orang yang meninggalkan sholat semasa didunia, ia akan diazab dineraka dengan azab pedih Bersama para ahli maksiat lainya. Naudzubillah min dzalik.

Saudaraku kaum muslim dimanapun berada. Allah SWT telah berfirman dalam Al Qur’an surah An Nisa’ ayat 103. A’udzubillahi minasyaitonirajim, bismillahirrahmanirrahim.

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Yang Artinya: “Sungguh, shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

Kewajiban sholat itu jelas sudah difirmankan Allah. Sholatpun tidak boleh ngawur, karena ada ketentuan seperti syarat dan rukunya.

Ada beberapa dosa yang didapat orang-orang yang berani meninggalkan kewajiban sholat fardhu. Apabila ada orang yang berani meninggalkan sholat subuh, maka dia akan dimasukkan kedalam neraka jahanam selama enam puluh tahun lamanya.  

Coba bayangkan saja, satu hari diakhirat itu sama saja dengan seribu tahun di dunia. Jadi apabila enam puluh tahun di akhirat maka sama halnya dengan enam puluh ribu tahun di dunia. Betapa menakutkannya azab di neraka itu, tentu panasnya api neraka lebih panas dari api di bumi.

Selanjutnya, apabila ada orang yang berani meninggalkan sholat Dzuhur, maka dosanya seperti orang yang menghabisi nyawa seribu orang muslim. Dan Apabila ada orang yang berani meninggalkan sholat Ashar, maka dosanya seperti halnya Dosa orang yang mengahancurkan ka’bah. 

Dan Apabila ada orang yang berani meninggalkan sholat maghrib, maka Dosanya seperti orang berzina dengan orang tua sendiri. Dan Apabila ada orang berani meninggalkan sholat Isya’, Maka Allah tak ridho ia tinggal dibumi, dan segala yang dikerjakan dan digunakan adalah sebuah dosa. 

Didalam  Kitab Al-Fiqh al-Manhaji ‘ala Madzhabi Imam al-Syafi’I dijelaskan tentang status hukum tarikus Sholah/ orang yang meninggalkan sholat.


 Semoga kisah ini bermanfaat, dan bisa memotivasi kita agar tidak gegabah meninggalkan ibadah sholat fardhu amin. Wallahu A’lamu bishowab.

Baca Juga: Kisah Sejarah Asal Usul Ibadah Sholat Lima Waktu

                                                        

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Inilah 15 Ancaman dan Azab Bagi Orang Yang Meninggalkan Sholat Lima Waktu"